Hingga Akhir November, Yogyakarta Potensi Hujan Lebat Disertai Angin


Bakinupdate.com, - Masyarakat Yogyakarta diimbau untuk mewaspadai hujan lebat yang disertai angin kencang hingga akhir November mendatang. Hal ini sebagaimana disampaikan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Koordinator Operasional Pos Klimatologi BMKG Yogyakarta, Joko Budiono.

"Untuk cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai angin kencang dan petir hingga akhir November masih berpotensi muncul. Untuk itu masyarakat diminta supaya waspada," jelas Joko kepada merdeka.com, Selasa (22/11).

Joko menerangkan bahwa masyarakat untuk mewaspadai dan mengetahui tanda-tanda terjadinya hujan lebat disertai kilat, petir dan angin kencang. Adapun beberapa indikasi di antaranya satu hari sebelumnya udara pada malam hari hingga pagi hari terasa panas dan gerah.

"Udara terasa panas karena radiasi matahari cukup kuat sehingga ada perbedaan suhu sekitar pukul 10 pagi. Hal ini disertai dengan kelembaban yang cukup tinggi ditunjukkan oleh nilai kelembaban udara di lapisan 700 mb (> 60%)," jelas Joko.

Selain itu, sekitar pukul 10.00 pagi terlihat tumbuh awan Cumulus (awan putih berlapis-lapis), di antara awan tersebut ada satu jenis awan yang mempunyai batas tepinya sangat jelas berwarna abu-abu menjulang tinggi seperti bunga kol.

"Awan tersebut akan berubah warna menjadi abu-abu/hitam, nah awan ini dikenal dengan awan CB (Cumulonimbus)," katanya.

Joko melanjutkan bahwa jika 1-3 hari berturutturut tidak ada hujan pada musim transisi/pancaroba/penghujan, maka ada indikasi potensi hujan lebat yang pertama kali turun diikuti angin kencang baik yang masuk dalam kategori puting beliung maupun yang tidak.

"Dari ciri-ciri itu masyarakat supaya mengetahui sehingga bisa waspada," pungkas Joko.

 https://www.merdeka.com/peristiwa/hingga-akhir-november-yogyakarta-potensi-hujan-lebat-disertai-angin.html

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.