Jokowi Sebut Kinerja Badan Layanan Umum Masih Lambat Dan Berbelit


Bakinupdate.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rapat koordinasi, penetapan dan penyerahan apresiasi Badan Layanan Umum (BLU) Tahun 2016 di Istana Merdeka. Jokowi mengatakan kinerja BLU selama ini masih jauh dari harapan lantaran belum melayani masyarakat dengan baik.

"Pelayanan di instansi pemerintah itu sering identik dengan kurang cepat atau lambat, kemudian berbelit-belit. Ini masalah persepsi tapi banyak benarnya, tempat pelayanan yang tidak nyaman, petugas yang melayani tidak pernah tersenyum, cemberut, tidak ramah dan kurang bersikap profesional," ujar Jokowi saat memberikan sambutannya, Jakarta, Selasa (22/11).

Jokowi mengaku mendapat banyak keluhan dari masyarakat atas kerja BLU. Keluhan itu masih seputar pelayanan tidak profesional dan petugas tidak ramah. Keluhan, lanjut dia, kerap disampaikan masyarakat melalui media sosial (medsos).

"Ada yang melayani dengan wajah cemberut, tahu-tahu muka cemberutnya keluar di medsos. Banyak seperti itu. Di Instagram juga sama, tahu-tahu ada foto masuk karena memang dunia sekarang ini betul-betul sudah sangat terbuka dan rakyat semakin tahu hak-haknya dan selanjutnya akan menuntut sebuah standar pelayanan yang harus baik," beber Jokowi.

Melihat realitas terjadi, Jokowi mengajak pihak terkait memperbaiki pelayanannya. Itu harus dilakukan agar Indonesia bisa berkompetisi dengan negara-negara lain di dunia. Jika pelayanan sudah baik maka akan memudahkan anak bangsa berkompetisi.

"Ini harus kita benahi, ini harus kita perbaiki. Kuncinya adalah kemauan, kemauan untuk berubah, kemauan untuk memperbaiki, kemauan untuk membenahi. Karena keterbukaan dan persaingan bukan hal yang perlu kita takuti. Tetapi jika digunakan sebagai momentum untuk memperbaiki ini akan menjadikan layanan kita lebih baik ke depan," terangnya.

 https://www.merdeka.com/peristiwa/jokowi-sebut-kinerja-badan-layanan-umum-masih-lambat-berbelit.html

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.