10 Kunci Hidup Bahagia


BAKINUPDATE.COM,- Hidup bahagia adalah dambaan setiap insan manusia yang hidup di dunia. Bahagia lahir dan bahagia batin, artinya bahagia di dunia dan bahagia di akhirat.

Banyak orang berharta berkecukupan tapi hidupnya tidak bahagia dan barokah. Berikut ini adalah 10 kunci hidup di dunia agar kita selalu bahagia dalam menjalankan kehidupan:

1. Tidak Membenci

Jangan sekali-kali membenci seseorang hanya karena dia lebih baik darimu. Walaupun dia berbuat kesalahan kepadamu tetapi doakan dia untuk berubah dan menjadi baik. Memang berat untuk tidak membenci seseorang apalagi seseorang itu pernah berbuat kesalahan kepada kita.

2. Tidak Berkeluh Kesah
Jangan berkeluh kesah karena apa yang kita alami adalah sebuah proses untuk kita menjadi lebih dewasa dalam banyak hal, sebaliknya perbanyaklah berdoa kepada Allah. Maknai segala apa yang kita jalani sebagai perjalanan untuk proses kematangan jiwa kita sehingga menjadi lebih bijaksana.

3. Hidup Sederhana
Hidup sederhana walaupun punya kedudukan tinggi dan  harta melimpah karena apa yang kita terima semuanya titipan. Kalau hal ini dapat ditanamkan dalam jiwa kita dan dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, Insya Allah sifat sombong dan takabur akan terlepas dari kehidupan kita.

4. Berprasangka Baik
Senantiasa berfikir positif meskipun kerap ditimpa musibah karena dari setiap persoalan kita dapat merasakan bahwa Allah tidak pernah memberi cobaan melebihi kekuatan kita.

5. Selalu Tersenyum
Senyumlah walaupun hati terluka karena hinaan orang dengan satu pemahaman bahwa kita mengampuni dia karena dia tidak tau apa yang dia perkatakan kepada kita .

6. Selalu Memberi
Gemar memberi dan berbagi walaupun kita tidak berlebih karena kita sesungguhnya bendahara Allah didunia ini. Ingat setiap harta atau rizki yang kita terima ada hak orang miskin.

7. Berdoa Tanpa Sepengetahuan Mereka
Jangan lelah dan jemu jemu selalu mendoakan anak, istri, suami, keluarga dan para sahabat kita untuk kebaikan mereka tanpa sepengetahuannya, dengan tulus dan ikhlas.

8. Tidak Dengki dan Iri Hati

Jangan iri dan  dengki dengan kejayaan dan kesuksesan teman-teman anda, karena setiap orang yang menerima lebih akan diminta lebih dalam hidup ini, sehingga kita tidak perlu iri. Tanamkan prinsip bahwa setiap manusia sudah ditentukan rizkinya masing-masing.

9. Mudah Memaafkan

Jangan merasa malas dan susah dalam memaafkan kesalahan orang lain, karena terdapat kelegaan dan ketenangan dalam kita memaafkan. Lapangkan jiwa dan hati kita untuk memaafkan orang lain meskipun terasa berat.

10. Hindari Permusuhan
Jangan menganggap orang yang berbeda pendapat sebagai lawan, karena sesungguhnya dia tetap saudara kita. Jadikan perbedaan itu untuk memperkuat silaturahmi, sebab pada hakekatnya Allah menciptakan perbedaan di antara kita adalah untuk saling mengenal dan silaturahmi.

Semoga kita menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna
Ya Allah terimalah dari kami (amalan kami)
Aamiin Yaa Robb




Red/Amf

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.