Rencana KPK Umumkan Calon Tersangka Peserta Pilkada Mendapat Tanggapan Parpol


BAKINUPDATE.COM,- Bandung - Ketua KPK Agus Raharjo memastikan akan segera mengumumkan calon kepala daerah peserta pilkada 2018 yang akan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Hal itu dikatakan Agus dalam Rakernis Polri di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara Selasa 6 Maret 2018.
"Ada beberapa yang sekarang running di Pilkada itu, terindikasi sangat kuat mereka melakukan korupsi."

Dikatakan olehnya, bahwa penyelidikan kasus dugaan korupsi yang melibatkan calon kelapa daerah peserta pilkada 2018 sudah berjalan 90 persen, tinggal 10 persen lagi penyelidikannya.


Tanggapan Sekjen PDIP

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menilai pernyataan Ketua KPK itu mempunyai implikasi politik. Hasto menyarankan, sebagai Ketua KPK, Agus sebaiknya berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu kepada publik.


"Proses hukum silakan berjalan dan di situ harus mengedepankan prinsip keadilan dan jangan dilakukan adjustment melalui pernyataan di publik sebelum fakta hukum disampaikan di pengadilan." kata Hasto di Kampus IPDN Bandung saat menghadiri pemberian gelar doktor honoris causa kepada Megawati Soekarnoputri, Kamis 8 Maret 2018.

Ditambahkan oleh Hasto, bahwa seluruh penegak hukum tak hanya KPK, harus disiplin menyampaikan sesuatu kepada publik. Dan Hasto menjamin, bahwa seluruh calon pilkada yang diusung PDIP saai ini tidak tersangkut korupsi.


Sekjen PPP Kritik Ketua KPK

Sementara itu, Asrul Sani selaku sekjen PPP menyayangkan pernyataan Agus Raharjo selaku Ketua KPK terkait dugaan korupsi calon kepala daerah peserta Pilkada 2018.

Dikatakan oleh Asrul Sani, kalau Ketua KPK itu ingin berniat memperingatkan partai, hendaknya pernyataan itu dikeluarkan sebelum penetapan pasangan calon.

Dengan pernyataan itu, Asrul tidak melihat ada itikad baik dari KPK untuk pencegahan korupsi di Pilkada 2018. Asrul menyayangkan sikap yang memprediksi proses hukum.


Sebagai penegak hukum, KPK sebaiknya tidak menyampaikan prediksi dan proses hukum yang sedang berjalan. Sampaikanlah fakta dan temuan yang sudah final.

Asrul menilai, Ketua KPK Agus Raharjo memperlihatkan bentuk ketidakmatangan sebagai penegak hukum.



Red/amf

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.