Tak Terkait Saracen dan MCA, Polisi Tangkap Penyebar Hoax Yang Bajak 1000 Akun FB

BAKINUPDATE.COM,- Jakarta - Angkat topi untuk jajaran kepolisian yang dengan sigap memberantas  penyebaran hoax dan menangkap penyebar hoax. Direktorat Siber Badan Reserse Kriminal Mabes Polri menangkap seorang pria bernisial KB, penyebar isu sara dan berita bohong atau hoax.  Tersangka yang merupakan lulusan Teknik Informasi ini telah membajak 1.000 akun Facebook untuk menyebarkan berita bohongnya.
"Tersangka menyebarkan berita bohong dan ujaran kebencian dengan meng-hack akun FB orang lain," kata Kepala Subdirektorat I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Komisaris Besar Irwan Anwar di kantornya pada Kamis, 8 Maret 2018 seperti dikutip dari laman Tempo.co,
Irwan mengatakan, tersangka terbukti menyebarkan berita bohong, antara lain dengan konten SARA, kebangkitan PKI dan isu penyerangan ulama. Selain itu, kata dia, tersangka menyebarkan berita yang mencemarkan nama baik sejumlah tokoh nasional seperti Ketua MUI Maruf Amin, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.
Menurut Irwan, meski tersangka juga menyerang sejumlah tokoh nasional, tidak ditemui motif politik. "Belum ada indikasi kalau ada yang mengorder postingan tersangka," ujarnya.
Dalam menjalankan aksinya, kata Irwan, pelaku tidak menentukan akun yang akan dibajaknya. Tersangka memilih secara acak untuk mengganti kata sandi akun yang dia bajak.
Namun Irwan enggan menjelaskan cara dan sistem yang digunakan pelaku dalam membajak akun orang lain. "Pemeriksaan lab sementara ada 50 akun yang sudah dia ganti kata sandinya, sedangkan yang di-hack ada 1.000 lebih," ujarnya.
Irwan mengatakan motif pelaku menyebarkan hoax  karena ekonomi. Dari unggahannya, pelaku mampu mendapatkan keuntungan dari Google AdSense. Selain itu, kata Irwan, pelaku merasa didiskreditkan oleh pemeluk agama mayoritas. "Pelaku merasa sakit hati sebagai kelompok minoritas," ujarnya.

Dikutip dari lamanTempo
Red/amf

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.