Mengingat Kembali Ajaran Ki Hajar Dewantara Yang Tak Boleh Dilupakan


BAKINUPDATE.COM,- Bandung - Peranan pendidikan dalam upaya membentuk sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas memegang peranan yang sangat penting. Pendidikan merupakan sesuatu yang harus ditempuh oleh setiap manusia sejak kecil sampai dewasa. Bahkan dalam ajaran Islam, pendidikan itu dimulai sejak bayi dalam kandungan.

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional, kita teringat kembali ajaran tokoh pendidikan nasional, Ki Hajar Dewantara,

"Ing Ngarso Sung Tulodho" yang mengandung arti bahwa kita senantiasa di depan harus selalu memberi contok keteladanan  yang baik untuk kehidupan kita di sekitarnya.

Dihubungkan dengan konteks kekinian, tampaknya kita susah  untuk mencari pemimpin panutan di masyarakat yang dapat memberikan keteladanan. Suasana gaduh selalu saja kita dengar dari para tokoh di negeri kita. Setiap hari kita melihat dan  mendengar pemberitaan yang tidak mencermnkan keteladanan sebagaimana yang tercermin dalam ajara Ki Hajar Dewantara. Apakah ini merupakan output dari sistem pendidikan kita?

"Ing Madya Mangun Karso" mengandung makna ketika kita sedang berada di tengah-tengah masyarakat, seyogyanya kita selalu dapat membangun karya nyata, bekerja keras membangun kinerja yang baik.

"Tut Wuri Handayani" artinya membimbing dari belakang dalam artian ketika kita sedang berada di belakang, kita selalu memberikan motivasi atau memberikan dorongan kepada orang lain.

Pernyataan dari Ki Hajar Dewantara tersebut haruslah dimaknai, bahwa semua komponen bangsa bersatu padu untuk menjunjung tinggi nilai-nilai keteladan.

Diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, kalau menjadi seorang anak harus mampu menjadi teladan bagi teman-temannya. Kalau menjadi seorang politikus, jadilah politikus yang santun memberi keteladanan bagi masyarakatnya. Kalau jadi pejabat, jadilah pejabat yang jujur dan tidak korupsi. Kalau jadi pemimpin, jadilah pemimpin yang amanah.

Dalam Islam, sifat keteladanan ini digambarkan  dengan jelas oleh Nabi Muhammad SAW. Allah SWT berfirman dalam Al quran Surah Al Ahjab 21:
"Sesungguhnya pada diri Rasullullah terdapat suri tauladan yang baik, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah".

Semangat untuk menularkan sifat keteladanan, kiranya dalam moment peringatan Hari Pendidikan Nasional haruslah secara menerus dibudayakan oleh seluruh komponen bangsa.

Selamat Hari Pendidikan Nasional.



Bandung 2 Mei 2018
Penulis: Elfin Afifudien


Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.