Ridwan Kamil Efek, Tak Pengaruhi Hasil Pilwakot Bandung


 

BAKINUPDATE.COM,- Bandung - Dukungan yang diberikan Ridwan Kamil pada pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna di Pilwakot Bandung 2018 ternyata tak berpengaruh. Pasangan itu kalah telak dari Oded M. DanialYana Mulyana yang memimpin sementara dengan raihan 50 persen suara.

Pengamat Politik Unpad Firman Manan mengatakan dukungan yang diberikan Emil, sapaan Ridwan, tidak mendongkrak suara Yossi-Aries. Hal itu disebabkan Emil tak turun langsung saat masa kampanye sehingga dukungan hanya sebatas klaim. 

"Kalau kita bicara endorse (dukungan) terhadap figur tertentu, harusnya turun langsung. Itu yang akan efektif. Ini kan seakan-akan klaim saja. Karena biasanya harus turun langsung kalau mau jadi political endorser. Maka Ridwan Kamil efek tidak berhasil mendongkrak suara Yossi," ujar Firman saat dihubungi detikcom, Sabtu (30/6/2018).

Di sisi lain, Firman menanggapi soal kemenangan Oded-Yana yang justru tak didukung Emil. Firman mengatakan kemenangan Oded dikarenakan masyarakat melihat figurnya yang selama lima tahun terakhir menjadi wakil Emil.

"Persoalannya memang Pilwalkot Bandung selalu dibayangi Kang Emil. Warga bandung masih berekspektasi Kang Emil jadi Wali Kota. Ketika Kang Emil pilih Jabar maka pemilih akan mencari, mengidentifikasi figur yang bisa menggantikan Kang Emil," ucapnya.

"Secara kapasitas sulit. Jadi orang mencari kedekatan, tentu sosok Mang Oded mendapatkan insentif karena wakil wali kota, terlepas dari kontribusinya kemarin," lanjut anak dari Bagir Manan ini.

Firman juga menyebut faktor mesin partai berpengaruh memenangkan Oded-Yana. Pergerakan masif PKS di akhir-akhir menuju pencoblosan dinilai efektif memenangkan Oded-Yana.

"Kita tahu PKS mesin partainya efektif. Ini juga mengacu efek di Jabar. Last minute PKS bergerak sangat efektif. Nah ini kelihatannya terjadi di Bandung. Faktor mesin partai juga membuat Oded-Yana unggul signifikan," ujar Firman.


Seperti diketahui di awal masa kampanye Emil yang bertarung di Pilgub Jabar memberikan dukungan pada Yossi-Aries. Selain karena Yossi adalah mantan Sekda Kota Bandung, tiga partai pengusung yakni Nasdem, Hanura dan PPP juga sama-sama mendukung Emil di Jabar.


Sementara Oded yang tak lain wakil Emil pada periode pemerintahan Kota Bandung 2013-2018 justru tak mendapat dukungan. Sebab Oded yang berpasangan dengan Yana didukung oleh PKS dan Gerindra.




Sumber/detik.com

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.