Mantan Bupati Subang, Imas Aryumningsih Diganjar 6,5 Tahun Penjara


BAKINUPDATE.COM,- Bandung - Mantan Bupati Subang Imas Aryumningsih divonis hukuman bui selama 6,5 tahun. Imas terbukti menerima duit suap Rp 410 juta dalam kasus perizinan pembuatan pabrik di Subang.

Vonis tersebut dibacakan majelis hakim Dahmiwirda di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (24/9/2018). Berpakaian kemeja putih dan jilbab putih bercorak, Imas hadir mendengarkan secara seksama putusan yang dibacakan hakim.

"Menimbang dan memutuskan menjatuhkan hukuman enam tahun enam bulan serta denda 500 juta (rupiah) subsider tiga bulan kurungan," ujar Dahmiwirda seperti yang dirilis dari detik.com.

Hakim menjelaskan berdasarkan hasil persidangan, pihaknya menyimpulkan Imas telah terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Perbuatan Imas sesuai dengan dakwaan pertama Pasal 12 huruf a Undang-undang Tipikor.

"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berkelanjutan," katanya.

Vonis yang diberikan hakim lebih ringan dari tuntutan jaksa KPK yang menuntut Imas hukuman 8 tahun bui dan denda Rp 500 juta.

Selain itu, hakim menyebut Imas diwajibkan membayar uang pengganti senilai Rp 410 juta lebih. Apabila tak sanggup membayar, akan diganti dengan penyitaan harta benda.

"Atau diganti kurungan penjara satu tahun," kata Dahmiwirda.

Dalam sidang tersebut, hakim membacakan hal yang memberatkan dan meringankan Imas. Hal yang meringankan terdakwa bersikap sopan, belum pernah dihukum, punya tanggungan keluarga, sudah lanjut usia dan sering sakit.

"Untuk yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi," ucap Dahmiwirda.


Red/amf

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.