Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan Lakukan Penyusunan Jakstrada Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.




BAKINUPDATE.COM,- Bangkalan - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan melaksanakan penyusunan Kebijakan Strategi Daerah (JAKSTRADA) pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

 Acara yang diadakan di ruang pertemuan Hotel Ningrat pada hari Senin (10/11/2018)  siang dihadiri oleh instansi pemerintah daerah terkait seperti perwakilan dari Bappeda, perwakilan dari Disperindag, bagian Hukum Setda Kabupaten Bangkalan, Lurah serta pimpinan Bank Sampah binaan DLH Kabupaten Bangkalan dan para penggiat lingkungan.

Kepada awak media bakinupdate.com , Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. H. Ishak Sudibyo MM menyampaikan jika penyusunan Jakstrada ini merupakan tindak lanjut dari dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional (Jakstrada) pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, yang ditetapkan pada tanggal 23 Oktober 2017.

Lebih lanjut, Yoyok (panggilan akrab Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan) menyampaikan,”Dengan penyusunan Jakstrada ini, diharapkan pada tahun 2025, 30% dari timbunan sampah yang dihasilkan sudah tertangani oleh masyarakat atau penghasil.”

Yoyok mengungkapkan,” Target Jakstrada ini diikuti oleh target kabupaten/kota juga provinsi. Sehingga kita susun suatu kebijakan yang harus dilakukan setiap tahunnya sekian persen sehingga tercapai 30% pada tahun 2025.”

“Peran serta masyarakat itu sangat penting bagi keberhasilan Jakstrada ini, tanpa peran serta masyarakat kita akan kesulitan dalam mewujudkannya.” Yoyok menambahkan,”Makanya Bapak Bupati Bangkalan akan mengadakan gerakan Jum'at bersih yang rutin akan dilakukan setiap hari Jum’at dan dilakukan oleh masyaraka, maksudnya bukan dari pemerintah yang mengadakan.” Tutup Yoyok mengakhiri keterangannya.


Biro Madura Raya
Pewarta : AHSANUL AHSAN, SE
Editor.  

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.