BNN Tegaskan Masyarakat Boleh Tangkap Pelaku Penyalahgunaan Narkoba


BAKINUPDATE.COM.- NUNUKAN - Untuk mempersempit peredaran narkoba dan sekaligus memberantas [eredaran narkobaKepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), Drs. Heru Winarko menegaskan masyarakat boleh tangkap langsung pelaku penyalahgunaan narkoba.
Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja ke Sebatik, daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Kamis (24/1).
Selain itu, ia juga meminta sinergisme semua golongan baik dari yang paling bawah yakni masyarakat dan juga aparat. Tujuannya untuk melumpuhkan peredaran narkoba dari akar hingga pucuknya.
Dirinya memberikan atensi khusus pada wilayah yang berbatasan langsung dengan negara lain seperti di Pulau Sebatik untuk pemberantasan narkoba.
“Ya, daerah perbatasan merupakan kawasan yang rawan penyelundupan narkoba. Dengan kondisi geografis Indonesia, banyak celah yang bisa dimanfaatkan para bandar narkoba, termasuk di Pulau Sebatik,” kata Heru.
“Untuk itu, masyarakat dan aparat yang bertugas di perbatasan diharapkan bisa merapatkan barisan guna melawan peredaran narkoba,” tambahnya.
Bahkan ia menegaskan, jika ada transaksi narkoba atau bentuk lainnya, masyarakat diperbolehkan menangkap langsung pelaku penyalahguaan narkoba tersebut. Selanjutnya melaporkan kepada pihak yang berwajib.
“Jangan sungkan-sungkan untuk menangkap basah pelaku penyalahgunaan barang haram tersebut,” ujarnya.
Selain itu, Heru juga menyampaikan harapan agar masyarakat tidak tergiur dengan iming-iming sindikat narkoba karena jelas hal tersebut melanggar hukum. Ia menggarisbawahi bahwa narkoba merusak fisik dan psikis, oleh karena itulah diharapkan masyarakat memiliki pemahaman dan ketahanan agar bisa menangkal ancaman narkoba karena dampaknya sangat membahayakan.
Apalagi di Kaltara sendiri yang memiliki lebih dari 500 kilometer (km) perbatasan darat dan 300 km lebih perbatasan laut. Karena itu, Heru sangat berharap agar masyarakat makin solid serta seluruh stakeholder secara terpadu melakukan langkah nyata untuk menangkal peredaran narkoba.
“Jadi, sekali lagi saya tegaskan, siapapun boleh menangkap langsung pelaku perusak bangsa ini. Saya akan tunggu aksinya,” harapnya lagi.  seperti di;ansir dari prokal.
Dalam kesempatan itu juga, ia berpesan jika ada anak-anak, remaja bahkan orang dewasa sekalipun di Sebatik yang sudah terkena narkoba, maka sebaiknya diasesmen agar bisa menjalani rehabilitasi. Dengan tidak adanya lagi pecandu, permintaan barang haram ini akan berkurang. “Memang harus dimulai dari yang paling bawah. Untuk memutus, itu salah satu caranya. Semoga ke depannya banyak yang minta direhabilitasi,” pungkas Heru. (raw/ana)

Red/amf

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.