Peringati Hari Pers Nasional, Dinas Kominfo Bangkalan Adakan Workshop Jurnalistik


BAKINUPDATE.COM , -BATU JAWA TIMUR- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bangkalan, Madura mengadakan acara bertajuk Peringatan Hari pers Nasional Tahun 2019 dan Workshop penguatan kompetensi Jurnalistik di Royal Orchid Hotel dan Kondominium, Jalan Indragiri nomor 04, Pesanggrahan, Kota Batu. Acara yang dibuka pada hari Rabu (13/02/2019) oleh Wakil Bupati Bangkalan, Drs. H. Moh. Mohni MM.

Acara yang digelar tersebut merupakan puncak perayaan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diadakan Pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui Dinas Kominfo Kabupaten Bangkalan, Madura. Acara tersebut berlangsung dari tanggal 13 hingga 15 Februari 2019 diikuti sekitar 50 (Lima puluh) orang pewarta dari berbagai organisasi Pers di Bangkalan. OrganisasiOrganisasi Pers yang mengikuti puncak peringatan HPN 2019 tersebut antara lain PWI Kabupaten Bangkalan, KWB, Wartatama dan AJIB. Hadir dalam acara pembukaan tersebut Wakil Bupati Bangkalan, Plh Sekertaris Daerah, Kepala OPD, Camat SE Kabupaten Bangkalan serta Kepala Bagian (Kabag) Setda Kabupaten Bangkalan.


Resepsi peringatan HPN 2019 dan pembukaan workshop penguatan Kompetensi Jurnalistik diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan – sambutan. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bangkalan, Drs. Bambang Setiawan, MM menyampaikan sambutan serta laporan pelaksanaan kegiatan resepsi peringatan Hari Pers Nasional 2019 dan Workshop Penguatan Kompetensi Jurnalistik. Dalam sambutannya, Bambang menyampaikan,”Pelaksanaan Resepsi peringatan hari pers Nasional tingkat Kabupaten Bangkalan tahun 2019 dan workshop penguatan kompetensi Jurnalistik  ini dilaksanakan berdasarkan dokumen pelaksanaan anggaran Dinas Kominfo Kabupaten Bangkalan dan seijin Bapak Bupati Bangkalan.”

“Mempertimbangkan permohonan rekan-rekan wartawan yang menginginkan adanya peningkatan atau penguatan ilmu dibilang Jurnalistik khususnya, dan Alhamdulillah pada tahun ini bisa difasilitasi pada tahun ini.” Tutur Bambang dalam sambutannya
Mewakili Jurnalis se Kabupaten Bangkalan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Kabupaten Bangkalan, RH. Abdurrahman Said, SH yang akrab dengan  panggilan Jimhur Saros dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terimakasih utamanya kepada Bupati Bangkalan beserta jajarannya yang telah memfasilitasi dan memberikan yang terbaik bagi para jurnalis kabupaten Bangkalan. “Rasa syukur ini akan memberikan umpan balik, bahwa kami dari seluruh jurnalis, siap akan memberikan berita yang valid dan akurat.” tutur Jimhur yang disambut dengan tepuk tangan para hadirin.


Jimhur menambahkan, pentingnya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk menciptakan wartawan yang berkualitas. Pentingnya UKW sebagai sarana identitas kemampuan seorang wartawan dalam memperoleh informasi publik. Oleh karenanya, pihaknya berharap pemerintah daerah juga turut membantu dalam mensukseskan UKW di Bangkalan.

“Kalau dihitung dari jumlah wartawan yang ada di Bangkalan, ini 60 persen sudah memiliki UKW. Jadi jangan khawatir untuk kualitas nya.” Tutur Jimhur. Jimhur juga berharap pemerintah daerah membantu untuk mengadakan ujian UKW (Uji Kompetensi Wartawan) di Kabupaten Bangkalan, sehingga 100 persen nantinya menjadi wartawan yang profesional.

Wakil Bupati Bangkalan, Drs. Moh. Mohni, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bapak Bupati Bangkalan, RKH Abdul Latif Amin Imron, berhalangan hadir dikarenakan harus menghadiri acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Istana negara, Jakarta.

“Peringatan hari pers nasional tahun ini sengaja dilaksanakan di kota Batu ini resepsinya tiada lain kecuali ingin memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada insan pers, pejuang jurnalistik yang telah mengabdikan diri untuk kemajuan masyarakat Bangkalan.” Tutur Mohni membacakan sambutan Bupati Bangkalan yang kemudian dilanjutkan dengan membuka workshop penguatan kompetensi Jurnalistik.


Biro Madura Raya
Pewarta : Ahsanul Ahsan SE

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.