TENTANG KAMI


MEDIA BAKIN

BAKIN adalah singkatan dari Berita Aktual Independen

BAKIN merupakan media independen dan tidak berafiliasi dengan kepentingan politik atau kalangan tertentu. Sebagaimana semboyan BAKIN, tegakkan supremasi hukum bela keadilan dan kebenaran.

BAKIN terdiri dari media cetak berbentuk tabloid dan online dengan domain resmi www.bakinupdate.com

Media BAKIN diterbitkan berdasarkan UU. No. 40 Tahun 1999 tentang Pers oleh Yayasan Pena Bangsa, dan menjungjung tinggi Kode Etik Jurnalistik.

Media BAKIN dalam menyajikan berita mengedepankan kepentingan umum, sebagaimana hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia yang sangat hakiki, yang diperlukan untuk menegakkan keadilan dan kebenaran, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Berita yang di sajikan dapat berupa opini, fakta dan isu yang sedang hangat dibicarakan.

BAKIN memberikan klarifikasi / hak jawab / ralat terhadap informasi yang kemudian diketahui tidak valid.

Berita yang di sajikan dapat berupa hasil karya jurnalistik wartawan media BAKIN ataupun mengutip / melansir dari media lain dengan meyertakan sumber atau link hidup.

Sumber berita media lain yang di kutip / dilansir BAKIN, media yang memenuhi standar Pers sesuai dengan uu no 40 tahun 1999 dan Dewan Pers.

Wartawan BAKIN dalam melaksanakan tugas liputan / investigasi selalu di bekali kartu Pers dan namanya tercantum dalam redaksi.


SOP WARTAWAN/REPORTER BAKIN



- Wartawan/Reporter Media Bakin bertugas melakukan liputan sesuai hasil rapat redaksi (inline). Pelaksanaan liputan mengacu pada peran editor, yakni berupa penugasan (term of reference, TOR/outline), pengusulan tunggal, dan isu hangat.

- Wartawan/Reporter media Bakin melengkapi liputannya dengan foto, moment record (rekaman peristiwa) dalam bentuk audio, moment record(rekaman peristiwa) dalam bentuk video. 

- Setiap Wartawan/Reporter media Bakin bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan pada saat rapat redaksi.

- Setiap keterlambatan dari waktu deadline yang diberikan merupakan tanggungjawab langsung editor yang memberikan TOR. 

- Berita artikel, narasi audio, narasi dan rekaman video diberikan dua jam sebelum deadline. Semua material ini harus diserahkan ke editor/redaksi pusat yang direferensikan ke komputer database yang akan di-file dalam bentuk copy file dan hard copy. 

- Laporan atau artikel yang ditulis tak perlu memiliki analisis dan kesimpulan yang sama dengan pandangan editor. Namun syarat utama yang tak bisa ditawar adalah laporan/artikel itu harus benar. Kebenaran disini bukan dalam pengertian filosofis, tapi kebenaran fungsional, seperti keakuratan laporan, semua informasi yang disuguhkan tak kurang, tak berlebihan, sumber-sumber yang jelas, nama lengkap, angka, waktu, jarak, ukuran, tempat. 

- Untuk mencapai kebenaran fungsional itu Wartawan/Reporter Media Bakin harus bisa melakukan pengumpulan informasi dengan baik.

- Verifikasi adalah esensi dari jurnalisme dengan standar akurasi, proporsional, komprehensif, relevansif, fairness, berimbang. 

- Seorang Wartawan/Reporter media Bakin harus menerapkan konsep kontekstual (laporan proporsional). Sebab, mungkin suatu fakta benar tapi secara kontekstual salah. Contoh, “banyak organisasi Islam militan di Indonesia”. Ini tak berarti Islam di Indonesia adalah Islam yang militan dan fundamentalis. 

- Jika melakukan liputan atau wawancara, Wartawan/Reporter Media Bakin harus memperkenalkan diri sejelas-jelasnya. 

- Redaksi Wartawan/Reporter media Bakin tidak akan mentolerir jika ada Wartawan/Reporter media Bakin mengambil keuntungan dari wawancara atas nama media bakin. Aturan ini berlaku pula terhadap semua pihak yang terlibat dalam bisnis penerbitan dan penyiaran. 

- Tidak boleh mengutip pernyataan atau mengambil foto seseorang tanpa izin. Misalnya, saat ngobrol bebas pun harus minta izin jika ada kalimat yang menarik dari narasumber atau untuk mengambil foto harus seizin narasumber. Ingat, kode etik menjelaskan narasumber memiliki hak embargo terhadap informasi dan foto yang dapat diberikannya. 

- Dokumen-dokumen pun harus diperoleh secara legal, kecuali untuk dokumen-dokumen tertentu seperti bocoran atau dokumen yang sengaja disembunyikan dari masyarakat harus didiskusikan lebih dulu pada redaktur atau rapat redaksi. 

- Wartawan/Reporter media Bakin tidak berupaya menjadi antek golongan manapun, parpol tertentu, pejabat tertentu, yang tercermin dalam berita-berita yang dibuatnya. 

- Wartawan/Reporter media Bakin tidak menggunakan kedudukannya untuk mencari keuntungan pribadi dan merusak citra media Bakin. Pelanggaran terhadap panduan ini dapat dikenakan sanksi berat. 

- Wartawan/Reporter Media Bakin tidak melaksanakan pekerjaan yang bukan tugasnya. Seorang jurnalis-reporter harus berupaya menjadi media yang sehat dan bekerja dengan cara professional. Bagian periklanan dapat menolak materi iklan yang diperoleh reporter, yang dapat merusak citra Wartawan/Reporter Media Bakin. Kecuali iklan yang diperoleh Wartawan/Reporter Media Bakin atau bagain lain, yang tak beresiko merusak citra Wartawan/Reporter dan Media Bakin, dapat didiskusikan dengan bagian periklanan. 


Redaksi MEDIA BAKIN menerima tulisan dalam bentuk opini, artikel, kajian-kajian dan berbagai bentuk tulisan lain. Tulisan akan diterbitkan di web bakinupdate.com setelah dikaji oleh redaksi, tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis yang bersangkutan. Mohon sertakan nama, fhoto dan nomber telpon aktif.



Kirim tulisan anda melalui :

Email bakinupdate@gmail.com
MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.