27 Tahun Mengabdi Bekerja Di Kebun Binatang, Asep Dipecat Secara Sepihak

Pecat Karyawan sepihak Tanpa Beri Kejelasan Pesangon, Kebun Binatang Bandung Rampas Hak Karyawan

Asep Sopian, karyawan Kebun Binatang

BAKINUPDATE, BANDUNG - Kebon Binatang Taman Sari Bandung yang di kelola oleh Yayasan Marga Satwa Taman Sari, melakukan pemecatan terhadap salah satu karyawan bernama Asep Sopian yang sudah 27 tahun mengabdi. Asep bekerja sejak tahun 1988 s / d 2016, dan diberhentikan secara tidak hormat serta tanpa ada alasan yang jelas. Selain itu, pihak pengelola kebon binatang tidak memberikan kejelasan tentang pesangon. Asep menuntut bahwa pihak perusahaan sudah semestinya memberikan haknya atas jasa-jasanya selama dirinya bekerja.

Menurut Asep, "pemecatan yang di lakukan oleh pengelola kebon binatang tidak fair, karena ia hanya melakukan apa yang di suruh oleh ketua RT setempat untuk memangkas tanaman yang keluar menjulur dari tembok pembatas kebun binatang dengan lingkungan warga. Dirasa ranting bambu dan daunnya yang cukup lebat menjulur keluar pemukiman warga yang sangat mengganggu dan membahayakan. Karena banyak binatang seperti ular hijau dapat mudah melintas di atap pemukiman warga setempat dan banyak juga ulat yang berjatuhan ", tutur Asep.

"Ketika sedang memangkas ranting dan daun, Asep dipanggil untuk menghadap pada Sudaryo selaku kabid pendidikan dan humas, ternyata kejadian tersebut membawa petaka berujung PHK. Asep langsung di SP 3 dengan alasan," kenapa tidak ijin dulu dengan pimpinan "kata Sudaryo. Tutur Asep menjelaskan sabtu 19 / 11/16 di Jl. Taman Hewan Rt4 / 8 Kelurahan Lebak Siliwangi Kecamatan Coblong Kota Bandung.

Seketika Asep kaget dengan pemberhentian dirinya dan Surat Pemberitahuan (SP 3) tersebut, karena sebelumnya Asep merasa tidak pernah menerima SP 1 dan 2. Meskipun demikian Asep tidak bisa menolak keputusan Sudaryo), dirinya menerima begitu saja, sebagai karyawan yang sudah berkiprah selama 27 tahun mengabdi di kebon binatang ini merasa di dholimi oleh Sudaryo selaku pimpinannya yang di ketahui baru bekerja 3 tahun di kebun binatang taman sari.

Asep menganggap Sudaryo telah melakukan pelanggaran dengan tidak memberikan kejelasan pesangon yang sudah jelas itu hak pekerja yang di atur dalam Pasal 156 UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, sebagimana disebutkan. Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja, pengusaha diwajibkan membayar uang pesangon dan atau uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima. Pihak pimpinan perusahaan tidak menggap Asep Sopian sebagai karyawan meskipun sudah mengabdi bekerja selama 27 tahun lamanya.

Dari informasi terakhir berdasarkan hasil mediasi bersama, "Pihak perusahaan akan memberikan santunan sebesar 13 juta saja, ini sudah keputusan saya selaku PLT", kata Sudaryo.

Terkait alasan jelas pemecatan, pihak kebun binatang saat ini belum memberikan konfirmasi.

Reporter : Angga & Hendra
MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.