Terkait Maraknya Isu Tak Jelas, Masyarakat Harus Cemat Dalam Membaca Sumber Berita

Oleh: Arif Fadilah

Isu adalah berita yang belum tentu benar, atau bisa juga diartikan kabar yang tidak benar yang sengaja disebarkan dengan maksud tertentu. Ya, sudah bukan rahasia lagi ketika banyak isu yang berkembang di masyarakat, dalam banyak hal dan dengan berbagai maksud. Bisa terkait isu politik, isu sosial, isu ekonomi, atau masalah lain yang sering membuat orang menjadi bingung dan juga resah.

Belakangan ini sangat marak beredar pemberitaan di media sosial terkait isu-isu tak jelas tersebut. Masyarakat dihimbau tidak mudah terhasut oleh isu provokatif, dan cemat dalam membaca sumber berita. Pengguna media sosial jangan memposting atau membagikan kabar yang berbau provokasi maupun SARA.

Berhati-hati mencerna informasi yang ada di lini massa, jangan terpengaruh menyebarkan informasi tak jelas karena bisa terjerat pidana. Meskipun kita iseng misalnya me-retweet, copy paste, melanjutkan, itu sudah masuk dalam pelanggaran UU ITE. Kalau enggak akurat enggak usah dishare.

Konten yang kita buat di media sosial itu kiranya bisa dipikirkan kembali. Jadi siapa yang membuat konten yang sifatnya provokasi, SARA, hatespeach, itu UU ITE melarang. Enggak cuma itu, meskipun kita hanya menyebarkan itu juga dilarang.
MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.