Formas Sunda Ngumbara Bertujuan Menyatukan Orang Sunda di Kepri

Gubernur jabar Ahmad Heryawan didampingi ketua Formasi Sunda Ngumbara, Jaka Bandung di Aula PIH Batam Center

BAKINUPDATE.COM, KEPRI -Batam, Forum Komunikasi (Formas) Sunda Ngumbara Kepulauan Riau pada hari diresmikan oleh Ketua Umum Formas Jawa Barat Joko Bandung, bertempat di Aula PIH Batam Center, Minggu 26 Februari 2017.

Kegiatan pelantikan ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan,(sebagai pembina Formas Sunda Ngumbara), Gubernur Kepri yang diwakili oleh Kadis Kesehatan Kepri, Ketua Ombudsman Batam Kepri, Kepala Cabang Bank BJB Batam, Paku Banten, sesepuh Jawa Barat Batam Kepri, serta masyarakat Jawa Barat yang ada di Batam Kepri dan awak media.

Rangkaian acara pelantikan Formas Sunda diawali dengan prosesi mapag sesepuh Jawa Barat, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-Quran, pembacaan surat keputusan Formas Sunda Ngumbara tentang susunan pengurus Formas Sunda Ngumbara periode 2017-2022.

Di sesi sambutan, ketua umum Formas Sunda Ngumbara Jaka Bandung mengatakan,"Forum Komunikasi Sunda Ngumbara merupakan sebuah wadah untuk ngahijikeun (menyatukan) sesama orang sunda di perantauan,"

"Ini merupakan hasil daripada Rakernas Paguyuban Pasundan di Bali yang dihadiri beberapa organisasi orang sunda yang ada di Jawa Barat,"kata Jaka kepada wartawan bakinupdate.com.

"Formas Sunda Ngumbara saat ini yang sudah dikukuhkan ada 17 daerah dan untuk Kepulauan Riau masuk yang ke 18, jadi di semua daerah sudah ada Formas Sunda Ngumbara,"jelasnya.

Dikesempatan yang sama Ketua Umum Formas Sunda Ngumbara Kepulauan Riau Dede Suparman mengatakan,"Untuk Forum Masyarakat Sunda Ngumbara mari kita saling bahu membahu bekerjasama dalam menyatukan tujuan kita, mempererat silaturahmi diantara sesama orang sunda di perantauan,"

"Kita sudah saatnya untuk kembali maju mendorong pemerintahan di tahun 2019, siap berani maju."kata Dede penuh semangat.

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan dikesempatan sambutannya juga mengatakan,"Pada tahun 2015 Formas yang ada di Indonesia kasundaan sepakat membuat Forum Komunikasi Sunda Ngumbara di munas pasundan tersebut, kesepakatan kasundaan tujuannya untuk mengikat orang-orang sunda didalam Formas Sunda Ngumbara tersebut,"

"Saya ke Batam bersama Kepala Dinas Perikanan Jawa Barat untuk menjalin hubungan kerjasama di Kepri, diharapkan Formas Sunda Ngumbara menjadi pelopor untuk menjadi perikanan dan kelautan,"kata Aher.

Aher juga mengajak warga sunda yang ada di Batam Kepulauan Riau untuk meningkatkan prestasi orang sunda menjadi harum dimana saja, berbaur dengan lingkungan sekitarnya.

Diakhir acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan hiburan kesenian Jawa Barat seperti jaipongan, calung dangdut, kecapian, sisingaan dan pencak silat.

Reporter : Andre
Editor : Dwi Heri Yana
MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.