Bulog Jabar Siap Sebar Beras Rastra 38.000 Ton Tahun Ini

Fhoto Oleh : Istimewa

BAKINUPDATE.COM, BANDUNG - Bulog Sub Divre Jawa Barat siap menyalurkan jatah beras sejahtera atau rastra Jabar tahun 2017. Adapun jumlah rastra tahun ini untuk Jabar yakni sebesar 38.000 ton.

Kepala Bulog Subdivre Jawa Barat, Abdul Muis membenarkan hal tersebut. Menurutnya pembagian rastra ini secara resmi dilepas oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan Kamis (9/3/2017) mendatang.

"Ya betul jadi program rastra ini akan dikucurkan dan dilepas oleh Gubernur (Ahmad Heryawan-red) dalam rangka memulai program ini," ujarnya seperti dikutip dari PRFM, Selasa (7/3/2017).

Pada tahap awal, lanjut Abdul pihaknya akan menurunkan jatah rastra untuk Januari-Maret ini yang ditujukan kepada 2.198.273 keluarga penerima manfaat (KPM) di 18 kabupaten.

"Jadi berhubung karena sempat terjadi penundaan, baik data maupun sesi pembiayaan diawal tahun, sehingga untuk jatah Januari dan Februari kita kucurukan juga agar masyarakat dapat haknya lebih cepat," tuturnya.

Namun Abdul menjelaskan, rastra tersebut berkurang karena saat ini tidak ada raskin reguler di perkotaan. Di kota diganti dengan paket BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).‎ BPNT merupakan pola lain bantuan langsung untuk KPM. Di Jabar terdapat 9 kota yang mendapatkan BPNT dengan total 318.708 KPM.

"Program BPNT, kerja sama bank dan depsos. Itu berupa paket beras, gula, minyak goreng. Berasnya medium plus, lebih baik dari medium. Tergantung dengan kartunya," pungkasnya.
MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.