Rasa Prihatin Atas Dugaan Pelecehan Kepada Wartawan Yang Selalu Berulang

Pimpinan Umum Media Bakin dan Kabid Diklat PWRI Jabar

BAKINUPDATE.COM - Pimpinan umum Media BAKIN yang juga merupakan Ketua Bidang Diklat Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI JABAR) Drs. Elfin Afifudien, Msi merasa prihatin atas terjadinya pelecehan terhadap profesi wartawan yang diduga dilakukan oleh oknum anggota polisi yang kebetulan  menjabat sebagai  Kapolres Way Kanan Lampung.

"Sikap arogan yang ditunjukkan oleh seorang Kapolres terhadap wartawan di Lampung sungguh mencederai perasaan yang berprofesi sebagai wartawan. Padahal, wartawan adalah provesi yang sangat mulya dan dilindungi oleh Undang-undang No 40 tahun 1999 tentang pers."tutur Elfin.

Sebagaimana yang viral diberitakan, Kapolres Way Kanan AKBP Budi Asrul Kurniawan diduga melakukan pelarangan liputan terhadap wartawan, saat meliput aksi yang hampir berujung keributan antara massa pendukung dan penolak angkutan batu bara di Kampung Negeribaru, Minggu (27/8).

Tidak hanya itu, Budi juga melontarkan perkataan yang melukai profesi wartawan. "Bagi gua satu wartawan jelek, jelek semua. Terus terang aja gua udah gak butuh sama wartawan, apalagi koran-koran Lampung kelas cacingan. Lo mau tulis kayak apa terserah. Udah gak ada yang baca koran, udah tutup semua koran-koran itu. Orang (sekarang) nonton TV itu HBO, bo**f, ngapain nonton berita," ujar Budi dalam rekaman audio yang viral beredar dan menjadi pemberitaan banyak media.

"Pernyatan tersebut tidak sepantasnya dilontarkan oleh seorang Kapolres AKBP Budi Asrul Kurniawan, karena sungguh tidak mendidik."pungkas Elfin.

"Saya berharap, lanjutnya, kejadian seperti ini tidak lagi terjadi di bumi Nusantara dan semua pejabat baik Polri, TNI, ataupun Sipil dapat bermitra dan bersinergi dengan wartawan demi kemajuan NKRI, karena Media adalah Pilar ke 4 dalam demokrasi.

"Kapolri untuk menindak tegas aparat yang bisa merusak nama baik Polri. Karena sikap Kapolres Way Kanan AKBP Budi Asrul Kurniawan bisa merusak citra institusi kepolisian. Dan Disamping itu Bapak Kapolres Way Kanan harap secepatnya meminta maaf khususnya kepada wartawan yang  dilecehkan dan umumnya kepada seluruh elemen wartawan yang ada di Nusantara."tutupnya. [Red]

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.