Peringatan Hari Pangan Sedunia Diadakan Di Pontianak Kalimantan Barat


BAKINUPDATE.COM, Pontianak - Peringatan pangan seduania (HPS). Diselenggarakan pada tanggal 19 – 22 Oktober 2017.  Di Markas Kodam XII/Tanjungpura Kalimantan Barat. Dengan kegiatan meliputi, acara pembukaan dan Pameran, seminar, tur diplomatic, perlombaan panen padi dan ekspor beras dalam rangka pengembangan lumbung pangan di perbatasan Kalimantan Barat. 

Pada tanggal 18 Oktober 2017 telah dilakukan lomba cipta menu yang bekerja sama dengan Tim penggerak PKK Kalimantan Barat acara ini untuk lebih mensosialisasikan konsumen pangan beragam bergizi seimbang dan aman. 

Menteri pertanian RI.  Amran Sulaiman. Memimpin jalanya ekspor perdana berasa premium (21/10)  di Desa Tunggal Bhakti Kabupaten Sangguau sabtu mendatang. Pada ekspor perdana ini. Kalimantan Barat akan mengirim 25 Ton beras atau 5 Truk. 

Ekspor beras ini merupakan perjanjian antar pelaku usaha yang difasilitasi kementerian pertanian Indonesia dengan bernas Pemerintahan Malaysia. 

Bahwa rencananya ekspor baru dilakukan pada tahun 2018. Dalam program ekspor beras ini pemerintah Malaysia memberikan kuota yang cukup besar bagi Indonesia. 

Kuota yang direncanakan berkisar antara 140 ribu hingga 160 ribu ton beras premium. Dan harga yang ditawarkan sekitar Rp.7.800 atau setara dengan Sembilan ringgit mata uang Malaysia. Harga ini memang lebih rendah dengan harga eceran tertinggi  (HET) beras premium dikalimantan yakni Rp.13.300.- memang harga jual lebih. Tetapi tetap diuntungkan dengan surplus Neraca perdagangan dan bertambahnya Devisa Negara.(Tim) bakin Pontianak. 

Reporter : Team Bakin Pontianak
Redaktur : Musthopa

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.