Kang Yossi Irianto Mengabdi Untuk Bandung


BAKINUPDATE.COM, Bandung - Kang Yossi Irianto merupakan sosok yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kota Bandung. Ia dikenal sebagai sosok seorang birokrat yang merakyat.


Pengabdiannya kepada masyarakat tidak diragukan lagi.  Berbagai tugas dan jabatan yang pernah diembannya telah dilalui dengan sukses dan gemilang.


Dr. H. Yossi Irianto, MSi dilahirkan di Purwakarta tanggal 29 April 1962. Beliau merupakan anak bungsu dari enam bersaudara dan menikah dengan tambatan hatinya Sri Yossi Irianto dan dikaruniai dua orang anak yaitu Recky Ramdhani dan Aray Rizky.




Pria yang sekarang menjabat Sekertaris Daerah Kota Bandung ini menempuh pendidikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertamanya diselesaikan di Purwakarta. Selepas menamatkan SMPnya Kang Yosi meneruskan pendidikan SMAnya di Rangkasbitung Banten. Kemudian selepas selesai SMA, dilanjutkan ke Akademi Pemerintahan Dalam Negri (APDN) lulus tahun 1985.


Sejak lulus dari APDN, karir di pemerintahan pun dimulai. Berbagai jabatan dari mulai Staf PD III APDN, Bagian Staf Keuangan APDN sampai diangkat Kabag Urdal APDN pada 1990.


Karena loyalitas pengabdian dan dedikasinya, karir pria berkacamata tersebut terus meningkat hingga diangkat  Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung pada tahun 2003 sampai 2013. Pada  bulan Agustus 2013 beliau mendapat amanah jabatan dipercaya menjadi Sekertaris Daerah Kota Bandung hingga sekarang.




Menuntut ilmu merupakan kewajiban setiap muslim. Sebagai seorang muslim, beliau terus menimba ilmu dengan melanjutkan pendidikan Sarjananya di Universitas Langlangbuana Bandung dan selepas itu pada tahun 1999 melanjutkan ke Program Strata 2 Bidang Kajian Utama Kebijakan Publik Universitas Padjadjaran Bandung.


Tidak hanya berhenti sampai di situ, selepas menyelesaikan S2, beliau melanjutkan studi S3 Program Doktor di Universitas yang sama dan berhasil meraih gelar doktor Ilmu Administrasi, Peminatan Administrasi Publik Fakultas Imu Sosial Dan Politik Universitas Padjadjaran  dan diwisuda tanggal 8 Nopember 2017.


Jiwa kepemimpinan  mengalir pada diri Kang Yossi sejak kecil. Kang Yossi kecil dibesarkan dalam keluarga yang berlatar belakang TNI yang penuh disiplin. Didikan disiplin orang tuanya sejak kecil membawa kontribusi yang besar dalam membentuk jiwa dan mental menjadi kuat, tangguh, jujur, nasionalis dan berkarakter.




Pengalaman sewaktu kecil menjalani kegiatan Pramuka ikut pula membentuk karakternya. Pramuka mengajarkan berbagai banyak hal, salah satunya ialah tentang rasa tanggung jawab. Tanggung jawab merupakan landasan dasar untuk menjadi manusia yang unggul, berkualitas dan berkarakter.


Di sela-sela kesibukannya mengabdi dan melayani masyarakat, Kang Yossi masih sempat meluangkan waktu untuk menyalurkan hobi fotografinya. Catur, bersepeda dan sepakbola adalah salah satu olah raga yang sangat disukainya. Sejak kecil Kang Yossi telah mengidolakan Persib.


Kecintaannya terhadap sepak bola, sampai kini ia selalu mendukung Persib Bandung baik mendukung secara moral maupun material.


Di lingkungan rekan sejawat dan masyarakat sekitar tempat tinggalnya, Kang Yossi dikenal sebagai pribadi yang sangat menyenangkan, ramah dan penuh perhatian. Ia dikenal "berehan" dan selalu    berbagi  membantu apabila ada warga yang mendapat kesulitan.


Loyalitas, dedikasi pengabdiaanya kepada masyarakat menjadi bekal untuk menjadikan Bandung lebih baik lagi. Menjadikan Bandung Juara,  Berkarakter dan Bermartabat.


Sekarang Kang Yossi digadang-gadang sebagai Calon Walikota Bandung Periode 2018 - 2023 menggantikan Walikota Ridwan Kamil  yang akan maju dalam Pilkada Jabar.


Ketua DPC Partai Demokrat, Erwan Setiawan di salah satu media online merdeka.com menyatakan elektabilitas Kang Yossi, menurut survey Lembaga Survey Indonesia (LSI) pada bulan Agustus, Kang Yossi memiliki tingkat popularitas paling tinggi, yakni 32,1 persen. Survey kedua diadakan pada awal Oktober 2017 oleh Jaringan Suara Indonesia, Kang Yossi tetap menduduki peringkat pertama, baik elektabilitas maupun popularitas yakni 51,1 persen.


Meskipun Kang Yossi menduduki tingkat elektabilitas dan popularitas, ia tetap rendah hati. Dalam salah satu kesempatan berbincang dengannya,  beliau mengatakan, "Saya minta izin. Saya didorong oleh Pak Wali (Ridwan Kamil) untuk maju. Kalau saya memutuskan untuk maju maka saya berangkat dari rakyat karena partai hanya melengkapi."


Kemudian dalam salah satu kesempatan, Kang Yossi berbicara, "Kalau saya mengalir saja. Saya lahir dari birokrat jadi sangat senang kalau memberikan kepuasan bagj masyarakat. Hanya meminta satu saja yaitu mengabdi, siapapun tidak masalah."


Penutup dari penulis, semoga Bandung ke depan dapat melahirkan para peminpin yang berkualitas, berakhlak, berbudi pekerti luhur dan berkarakter sehingga dapat mengemban amanah tanggung jawab yang telah diberikan. Setiap Pemimpin Akan Dimintai Pertanggungjawabannya! Sukses Untuk Kang Yossi Irianto. Allah selalu melindungi umatNya yang bertaqwa !


Penulis: Elfin Afifudien

Redaktur : Musthopa

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.