Mantap !!! Irjen Pol M. Iriawan Diproyeksikan Menjadi Plt Gubernur Jabar


BAKINUPDATE.COM,- Bandung - Polisi berprestasi Irjen M. Iriawan atau yang lebih akrab disapa dengan Ibul atau Iwan Bule oleh Mendagri Tjahyo Kumolo diproyeksikan menjadi Plt Gubernur Jawa Barat.

Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut yang sekarang menduduki sebagai Ass Ops Kapolri, sosoknya merupakan sosok yang tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Barat. Pasalnya, sebelum menjabat Kapolda Metro Jaya, M. Iriawan menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat.

Melihat rekam jejak Irjen M. Iriawan selama menjadi  Kapolda Metro Jaya, mendapat apresiasi dari Kapolri Tito Karnavian ketika serah terima jabatan Kapolda Metro Jaya, "Di Metro, cukup baik.Cukup berhasil." tegas Kapolri kepada para wartawan ketika dimintai tanggapannya selama menjabat Kapolda Metro Jaya, Rabu 27/7/2017.

Di Polda Metro, suami dari Novita Ariyanti ini nama Iwan Bule semakin melambung. Salah satu prestasi paling besar M. Iriawan adalah berhasil membawa Ibu Kota Jakarta dalam proses Pilkada DKI Jakarta yang cukup melelahkan, dimana saat itu dinamika politik Pilkada Jakarta menjadi pusat perhatian dari seluruh elemen masyarakat, baik nasional bahkan menjadi sorotan masyarakat internasional.

Di Pilkada Jakarta, kredibilitas Polri dipertaruhkan dalam mengemban pengamanan. Alhamdulillah dengan sikap kepemimpinan Iwan Bule yang tegas dan lugas, dinamika politik yang hampir chaos dapat terlewati dengan lancar. Kepemimpinan bhayangkara sejati dari Irjen M. Iriawan sudah teruji.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan ketika diminta tanggapannya mengenai kepemimpinan M. Iriawan pada waktu Sertijab Kapolda Jabar menyatakan bahwa Jawa Barat cukup kondusif terkendali sewaktu Polda Jabar dipimpin oleh M. Iriawan.

Dikaitkan dengan usulan Mendagri menunjuk M. Iriawan sebagai Plt Gubernur Jabar, kita sambut baik usulan tersebut. Demi lancarnya pesta demokrasi Pilkada Jabar, kita apresiasi usulan tersebut selama tidak melanggar aturan yang berlaku.

Mendagri Tjahyo Kumolo menegaskan usulan  penunjukan M. Iriawan sebagai Plt Gubernur Jabar tidak menyalahi aturan.

Aturan tersebut tertuang dalam pasal 201 ayat 10 Undang-undang No 10 Tahun 2016, "Untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur, diangkat penjabat gubernur yang berasal dari jabatan pimpinan  tinggi madya sampai dengan pelantikan gubernur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan."

Selain itu dasar lain menjadi usulan penunjukan penjabat gubernur adalah pasal 4 ayat 2, Peraturan Mendagri No 11 Tahun 2018 Tentang Cuti Di Luar Tanggungan Negara yang bunyinya, "Pejabat gubernur berasal dari pejabat pimpinan tinggi madya/setingkat di lingkup pemerintahan pusat atau pemerintah daerah propinsi."

Kita berharap dengan diusulkannya Irjen M. Iriawan menjadi Plt Gubernur Jawa Barat, pelaksanaan pesta rakyat Pilkada Jabar akan berlangsung kondusif. Jadikan Pilkada Jabar sebagai Wisata Politik.


Penulis: Usep Zaenudin

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.