Menikah Bisa Melancarkan Rizqi


Pertanyaan:
 Assalamu'alaikum Wr. Wb. Saya pernah mendengar katanya orang kalau sudah nikah rezekinya ditambah.. Mohon dijelaskan apakah ada dalilnya?

Jawaban:
 Wa alaikumus salaam warohmatulloh, dalam surat an Nur ayat 32 Allah ta'ala berfirman: 

وَ أَنْكِحُوا الْأَيامى مِنْكُمْ وَ الصَّالِحينَ مِنْ عِبادِكُمْ وَ إِمائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَراءَ يُغْنِهِمُ اللهُ مِنْ فَضْلِهِ وَ اللهُ واسِعٌ عَليمٌ 

"Dan nikahkanlah orang-orang yang sedirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin maka Allah akan me­njadikannya kaya dari kurniaNya karena Allah itu adalah Maha Luas pemberianNya, lagi Maha Mengetahui" 

Ali bin Abi Talhah berkata, dari Ibnu Abbas,  "Allah menjadikan suka kepada mereka dalam menikah dan memerintahkannya kepada orang yang merdeka dan juga budak serta menjanjikan kekayaan kepadanya maka Allah berfirman,  jika mereka miskin maka Allah akan me­njadikanya kaya dari kurniaNya " 

Dari Sa'id yaitu Ibnu Abdul Aziz berkata, telah sampai kepadaku bahwa abu bakar as sidiq berkata "Taatlah kepada Allah terhadap apa-apa yang Allah perintahkan kepada kalian dari menikah maka Allah akan meluluskan apa yang Allah janjikan utk kalian dari kekayaan, Allah berfirman, "Jika mereka miskin maka Allah akan me­njadikanya kaya dari kurniaNya " 

Dan dari ibnu mas'ud " carilah kekayaan dalam menikah, Allah ta'ala berfirman ' jika mereka miskin maka Allah akan me­njadikanya kaya dari kurniaNya "riwayat ibnu jarir, dan albaghowi juga menyebutkan yang serupa dari umar 


Dari Al Laits dari Muhammad bin Ajlan dari Said Al Maqbury dari Abu Hurairoh Rodhiyallohu Anhu berkata, Rasululloh shollalohu alaihi wasallam bersabda, "3 orang yang haq bagi Allah menolong mereka: 
1. Orang yang menikah dan mengharapkan penjagaan (dari berbuat maksiat) 
2. Budak mukatab yang menginginkan melunasi (cicilan untuk pembebasannya) 
3. Orang yang berperang fisabilillah 

Rasululloh shollalohu alaihi wasallam telah menikahkan lelaki tersebut yaitu seorang lelaki yang tidak punya apa-apa kecuali hanya sarungnya saja dan tidak mampu terhadap cincin dari besi tapi meskipun begitu Rasul menikahkannya dengan wanita itu dan menjadikan maskawinnya adalah mengajari perempuan tersebut apa yang telah dihafalnya dari Alqur'an. 

Yang dijanjikan dari sifat maha dermawannya Allah dan juga sifat maha lembutnya Allah adalah memberika rizki kepada lelaki tersebut dan juga yang perempuan apa-apa yang mencukupi bagi keduanya.adapun apa yang didatangkan oleh banyak orang yaitu hadis "Nikahilah oleh kalian orang-orang fakir maka Allah akan menjadikan kalian kaya." maka hadis ini tidak ada asalnya aku juga tidak melihat sanadnya kuat ataupun lemah sampai sekarang ini, dalam Alqur'an sudah tidak membutuhkan lagi (dalil yang menguatkan) begitu juga hadis yang telah kudatangkan ini. Walhamdulillah. 



Redaktur: AMF

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.