Ini Lho, Keutamaan Gerakan Dalam Sholat Bagi Kesehatan


BAKINUPDATE.COM,- Kondisi umat saat ini lebih banyak yang menjadikan sholat sekadar rutinitas saja sehingga tidak terasa manfaatnya. Lihat saja, saat kita ketinggalan pesawat apakah kita menangis? Ya! Saat kita ingin membeli sesuatu namun tokonya tutup apakah kita menangis dan bersedih?

Masyarakat kita saat ini kondisinya memang parah sekali. Jangankan sholat di awal waktu berjama’ah di masjid. Banyak yang tidak sholat. Mengapa tidak merasakan manfaat sholat? Karena kita take and give dengan Tuhan kita. Kita inginnya Tuhan memberikan kesenangan kepada kita baru kita balas dengan sholat. Seolah-olah semuanya ini hanya jual beli semata.

Padahal kita lahir, bernafas, degup jantung berdetak setiap saat dan semuanya itu gratis dari Allah. Kita inginnya dapat uang, baru sholat, saat mendapat kesenangan, baru sholat. Kita inginnya Allah kelihatan nyata baru kita sembah. Tidak mau memikirkan dulu, mengimani dulu. Materialisme mulai merambah masyarakat kita. Sadar atau tidak itu telah terjadi masyarakat kita



Manfaat Takbiratul Ihram 

Gerakan ini dilakukan pada permulaan salat. Dengan berdiri tegap, mengangkat ke-2 tangan, lalu disedekapkan di depan dada. Gerakan ini akan mambuat pernapasan jadi lancar serta teratur. Selain itu, otot kedua tangan dan bahu akan berkontraksi, sehingga lebih kuat serta kencang.

Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening ( limfe ) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar.

Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Manfaat Rukuk

Gerakan ini dilakukan dengan membengkokkan tubuh ke arah depan, sehingga ke-2 tangan bertumpu pada tumit. Waktu gerakan rukuk dilakukan, otot di sekitar punggung sampai pantat akan alami kontraksi. Sementara itu, aliran darah terutama pada bagian tubuh atas akan lebih terasa lancar. Ke-2 tangan yang memegang tumit akan tertarik, sehingga lebih kencang.

Postur posisi tubuh saat ruku ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang ( corpus vertebrae ) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi.

Manfaat Gerakan I’tidal

Itidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah pencernaan menjadi lebih lancar.

Manfaat Sujud Dalam Sholat

Gerakan ini dilakukan dengan cara meletakkan sisi kepala ke alas lantai, sampai dahi serta ujung hidung menyentuh alas lantai. Sementara itu, jari-jari kaki dibengkokkan serta ke-2 telapak tangan juga menyentuh alas lantai. Sehingga aliran darah ke kepala akan mengalir dengan optimal.

Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma├óninah, jangan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. 

Postur posisi tubuh ketika sujud ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk Diantara Dua Sujud

Posisi tubuh yaitu duduk ada dua macam, yaitu iftirosy ( tahiyyat awal ) dan tawarruk ( tahiyyat akhir ). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki.

Manfaat duduk diantara dua sujud dalam shalat bagi kesehatan yaitu ketika duduk iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. 

Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih ( urethra ), kelenjar kelamin pria ( prostata ) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegah impotensi. 

Variasi posisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. Kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

Salam 

Salam merupakan gerakan jika dilakukan secara optimal dapat bermanfaat untuk menjaga fleksibilitas pembuluh darah jugularis. Berkat kontraksi otot di kepala dan diproduksi oleh zat yang berenergi panas, diperlukkan untuk rehabilitasi terhadap jaringan yang rusak. Salam ke kanan dan kiri secara maksimal, dapat mencegah penyakit kepala dan leher kaku.



Red/Amf
Sumber: News Farras, Berbagi Info Aktual

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.