Nama Adalah Doa, Tanjakan Emen Berganti Nama menjadi "Tanjakan Aman"


BAKINUPDATE.COM,- Subang - Nama jalan Tanjakan Emen di kalangan masyarakat sepertinya sudah menjadi mitos. Jalan yang menghubungkan jalur Bandung dan Subang itu, memang terkenal dengan mitosnya. Jalan berliku, penuh kelokan tajam menurun dan menaik melengkapi jalanan tersebut.

Beberapa kali jalur yang disebut Tanjakan Emen tersebut menelan korban. Mitos mistis pun merebak melebihi masalah teknis yang menjadi penyebabnya. Padahal, sering terjadinya kecelakaan lakalantas di jalur tersebut adalah masalah human eror atau masalah teknis.

Pemerintah pun akan mengganti nama jalur tersebut. Yang tadinya Tanjakan Emen diganti menjadi Tanjakan Aman.

"Kami sepakat akan mengganti nama jalan Tanjakan Emen menjadi Tanjakan Aman. Ucapan adalah doa, mudah-mudahan doa kita terkabul. Dan daerah sini menjadi daerah yang terbebas dari kecelakaan lalulintas." papar Dirjen Kementrian Perhubungan Darat, Budi Setiyadi kepada wartawan, Kamis 15 Februari 2018 di Subang.

Penggantian nama jalan tersebut disepakiti juga oleh elemen masyarakat setempat, di antaranya para tokoh, Komisi IV DPRD Propinsi Jaba Barat, Jasa Raharja, dirjen Bina Marga Kementrian PUPR.

Tidak hanya penggantian nama, pemerintahpun akan menambah fasilitas keamanan jalan, seperti rambu  Chevron, pita penggaduh, dan warning light dan fasilitas yang lain demi keamanan jalur tersebut.

Taufik Firdaus, salah seorang warga sekitar Tanjakan Emen menyambut dengan positif atas penggantian nama tersebut, "Saya menyambt positif atas perubahan nama tersebut, sebab nama yang lama sering dikaitkan dengan hal-hal yang tak masuk akal, semoga dengan nama yang baru, Tanjakan Aman, masyarakat yang melintasi jalur tersebut akan Aman-aman saja," katanya sambil tersenyum.



Pewarta: Mang Dede/Biro Subang



Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.