Menag Fachrul Razi Mengaku Telah Dapat Klarifikasi Dari Kepala BPIH Terkait Pancasila dan Agama


BAKINUPDATE.COM,- BANDUNG - Terkait pernyataan Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Profesor Yudian Wahyudi yang menyatakan musuh terbesar Pancasila adalah Agama, Menteri Agama Fachrul Razi megaku telah mendapat klarifikasi dari Yudian tentang pernyataan tersebut.

Dijelaskan oleh Fachrul, bahwa ia akan memegang klarifikasi dari Kepala BPIP tersebut.

"Beliau (Yudian) udah klarifikasi, jadi kita pegang saja klarifikasinya," ujar Fachrul di Masjid Al-akbar Surabaya, Kamis (13/2/2020).

Meskipun telah mendapatkan klarifikasi, Fachrul engga berkomentar lebih jauh. Dijelaskan bahwa Yudian tidak bermaksud untuk melontarkan hal hal yang mempertentangkan antara Pancasila dan Agama.

"Nggak (berkomentar lebih jauh). Kan udah diklarifikasi, kita pegang klarifikasinya aja bahwa dia bukan bilang seperti itu maksudnya," 

Selanjutnya, Fachrul juga mendapat informasi bahwa Yudian menyampaikan Pancasila sejalan dengan para ulama. Sehubungan dengan hal tersebut  Fachrul ingin tak ada hal yang diperdebatkan lagi.

"Kalau dia (Yudian) bilang Pancasila didukung oleh semua ulama," imbuh Fachrul.
Sebelumnya, Yudian mengklarifikasi apa yang dia maksud dalam pernyataannya. Dia menjelaskan, saat ini Pancasila kerap dihadapkan dengan agama oleh orang-orang tertentu yang memiliki pemahaman sempit dan ekstrem terhadap agama itu sendiri.

"Dalam konteks inilah, agama dapat menjadi musuh terbesar karena mayoritas. Bahkan setiap orang beragama. Padahal Pancasila dan agama tidak saling bertentangan, tetapi saling mendukung," kata Yudian.


Red/asn

Tidak ada komentar

MEDIA BAKIN. Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.